Pasien monitor atau Bedside Monitor apa tuh?

By | January 31, 2017

Pasien monitor atau bedside monitor

Sebetulnya apa sih pasien monitor atau bedside monitor itu?

Pasien monitor bisa didefinisikan sebagai suatu alat yang difungsikan untuk memonitoring fisiologis pasien. Parameter pada pasien monitor sangat bergantung dengan konfigurasinya. Tipe dan merk pasien monitor juga berpengaruh.

Parameter pasien monitor contohnya ada SpO2,respiratory rate, ECG, Tekanan darah, temperature dll.

Fungsi dari masing – masing parameter antara lain :

1. ECG difungsikan untuk pemeriksaan aktifitas kelistrikan jantung. Pada pasien monitor akan ditampilkan delombang ECG dan heart rate atau detak jantung dalam satu menit.

2. Respiratory rate merupakan frekuensi nafas dalam satu menit.
3. Tensi /NIBP merupakan pengukuran tekanan darah secara non invasive ( NON INVASIVE BLOOD PREASURE)
4. Saturasi (SPO2) adalah kadar oksigen yang ada di dalam darah.

Pemasangan pasien monitor dilakukan antara lain untuk pasien dengan krisis atau kegagalan pada beberapa sistem, yaitu: sistem pernapasan, sistem hemodinamik, sistem syaraf pusat, sistem endokrin dan metabolik, overdosis obat, reaksi obat dan keracunan, sistem pembekuan darah, dan infeksi berat (sepsis).
Untuk parameter pasien monitor sebetulnya banyak, selain yang saya sebutkan diatas. Yang saya sebutkan merupakan hal yang basic atau standard. Tetapi parameter pasien monitor sebetulnya bisa lebih dari itu.

Kita ambil contoh di Kamar Operasi. Selain parameter basic itu, biasanya ada parameter untuk IBP atau bahkan capnograph.


Nah, apa itu IBP. Kalau tadi kita jelaskan bahwa NIBP adalah Non Invasive Blood Preasure. Sedangkan IBP adalah Invasive Blood Presure. Jadi kita memantau blood preasure pasien secara invasive atau secara langsung. Untuk tipe dan merknya juga banyak, tergantung merk dan tipe pasien monitor yang kita pakai.

Sedangkan istilah – istilah yang digunakan juga banyak. tergantung accessories atau parameter yang kita ukur. Misalnya ketika pemasangan NIBP maka kita bisa melihat tekanan sistolik, tekanan diastolik dan tekanan rata – rata arteri atau biasa disebutkan Mean Arterial Preasure (MAP)

Nah kira – kira seperti itu pengenalan mengenai pasien monitor, untuk parameter maupun accessories yang lebih dalam mungkin akan saya sharing disini nanti..hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *