Mesin anesthesi apa sih?

By | February 1, 2017

Mesin Anesthesi apa sih?


Mungkin diantara teman – teman sekalian ada yang bertanya – tanya. Mesin anesthesi apa sih?

Ada yang sudah pernah merasakan masuk ke kamar operasi?

Sudah pernah di operasi?

Anesthesi merupakan suatu keadaan hilangnya sensasi perasaan, raba, posture dan nyeri yang dihubungkan dengan hilangnya kesadaran. Sedangkan mesin anesthesi adalah suatu alat kedokteran yang sengaja didesign dan dibuat untuk mencapai tujuan itu.

 

Perkembangan mesin anesthesi sendiri sudah jauh dari jaman dulu. Mungkin Anesthesi jaman dulu dilakukan secara manual. Sekarang mesin anesthesi sudah otomatis. Dari mulai mengatur Tidal Volume, mengatur frequensi, mengatur pressure atau tekanan, pengaturan pemberian Gas anesthesi dll. Sudah sangat memudahkan user dalam pemakaiannya.
Oiya tadi saya menyebutkan Tidal Volume, frequensi dll. Sebetulnya apa sih?
Begini, mesin aneshtesi ( zaman sekarang) basicnya seperti mesin ventilator. Jadi difungsikan untuk memompa paru – paru pasien. Bedanya, kalau mesin anesthesi dibuat untuk pasien yang pernafasannya normal atau bagus dibuat tidak sadar dan sengaja dikontrol oleh mesin. Sedangkan ventilator sebaliknya, pasien – pasien kritis yang sudah tidak adekuat untuk bernafas sendiri akan dibantu oleh mesin untuk bisa bernafas. Kemudaian secara bertahap akan dilepaskan dari mesin apabila pernafasanya sudah bagus. Artikel mengenai apa sih mesin ventilator sudah pernah saya bahas disini.

Tidal volume bisa diartikan secara mudah merupakan Volume dari paru – paru. merupakan volume udara pada saat inspirasi maupun expirasi (pada saat bernafas). Makanya satuanya ml ( mili litre)

Frequensi berkaitan dengan waktu, berapa kali kita melakukan pernafasan selama satu menit. Makanya satuanya bpm (Beats per minutes)

Kemudian pressure, apa itu pressure?hehe
Pressure merupakan tekanan. Ada tekanan dari mesin ada juga tekanan dari pernafasan pasien. User harus mengatur berapa tekanan yang diberikan. Disesuaikan dengan kondisi pasien. Pengaturan tekanan yang melebihi batas dapat menyebabkan paru – paru pasien rusak. Karena menerima terlalu banyak tekanan. Sebaliknya, seandainya pemberian tekanan terlalu sedikit kemugkinan Tidal Volume tidak akan tercapai ( Hal ini juga bisa berbahaya untuk pasien)

Oiya yang terakhir, dari tadi saya menulis user. Sebenarnya siapa sih user atau pemakai dari mesin anesthesi?

User mesin anesthesi adalah perawat dan dokter. Perawat disebut penata anesthesi sedangkan dokternya disebut dokter anesthesi atau anesthesiologist. Dokter anesthesi bisa kita lihat dari title dibelakang namanya, misalnya namanya jojon berarti titlenya : Dr Jojon SpAn ( Spesialis Anesthesi).

Demikian artikel yang mungkin kurang bermanfaat dari saya.. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *