Lampu Operasi atau Operating lamp

By | February 2, 2017

Lampu Operasi

Apa sih lampu Operasi itu?
Bedanya lampu Operasi dengan lampu biasa apa?

Lampu operasi merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki di kamar operasi atau kamar bedah. Fungsinya untuk memberikan penerangan pada objek pada saat dilakukan tindakan operasi. Lampu operasi seperti layaknya teknologi kedokteran saat ini juga sudah memiliki banyak improvement. Lampu operasi memiliki persyaratan utama yaitu tidak boleh panas, karena suhu udara dan kelembaban di dalam ruang operasi sangat dijaga.

Lampu operasi umumnya di pasang di langit – langit kamar operasi ( ceiling) peletakkanya di bagian tengah kamar operasi. Dipasang secara paten atau tidak bisa dipindah – pindahkan. Untuk memudahkan mobilisasi lampu operasi memiliki arm atau lengan untuk memudahkan user menggerakan atau memindahkan titik fokus. Tetapi ada juga lampu yang sifatnya mobile, lampu jenis ini bisa dipindah – pindahkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Atau biasanya digunakan sebagai backup atau sebagai tambahan saja.


Untuk sekarang ini umumnya lampu operasi menggunakan type lampu LED karena lebih dingin dan penerangannya lebih bagus. Sedangkan untuk type – type lampu lama biasanya menggunakan halogen. LED sendiri memiliki banyak kelebihan dibanding lampu halogen selain warna dan penerangannya. Umur dari lampu LED juga lebih panjang bisa mencapai 40.000 jam, hal ini tentunya tergantung type dan merk yang dipakai.

Lampu Operasi terlihat simple karena memang hanya sebuah lampu tapi banyak aspek yang harus diperhatikan dalam pemilihan lampu Operasi. Antara lain Ergonomical dan design, shadow management, illumination, field diameter, Color temperature. Color temperature mulai dari 3800/4100/4350/4700/5000K. bahkan saat ini sudah bisa dilengkapi dengan kamera.

Incoming search terms:

  • fungsi operating lamp ceiling type
  • usia teknis lampu operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *