Apakah Syringe Pump itu?

By | January 30, 2017

 

Selamat datang di website elektromedik.com, Kali ini saya akan sedikit membahas mengenai apa itu syringe pump. Mohon maaf jika penyampaian saya sederhana. Karena ini ditujukan untuk informasi belaka. Untuk lebih detilnya masing – masing unit biasanya memiliki spesifikasi masing- masing.

Syringe pump adalah alat yang digunakan untuk memasukan cairan atau obat ke dalam tubuh pasien dalam jangka waktu tertentu secara teratur. umumnya mode pada suatu syringe pump adalah Rate mode, Time Mode dan Body weight Mode. Ketiga mode yang saya sebutkan ini merupakan mode standard pada sebuah perangkat syringe pump.

Syringe pump yang baik harus memiliki alarm system yang bagus. Syringe pump harus memiliki audible alarm ( alarm yang berupa suara) dan visual alarm (alarm yang berupa visual). Visual alarm biasanya berupa led yang menyala apabila syringe pump tersebut terjadi masalah atau trouble. Hal ini yang harus diperhatikan oleh user. Karena seperti yang sudah kita ketahui, di ICU misalnya ada banyak pasien dan banyak perangkat kesehatan selain syringe pump. Jika tidak ada alarm system seperti audible dan visual maka ditakutkan user tidak mengetahui apabila terjadi situasi darurat pada pasien.

Selain itu perangkat syringe pump juga harus memiliki battery. Fungsinya dalah apabila terjadi pemutusan tegangan PLN ( mati listrik) maupun apabila pasien akan dilakukan transport. Misalnya dari ICU ke OK (Kamar Operasi) atau sebaliknya.

Syringe pump yang bagus juga harus bisa digunakan dengan berbagai ukuran syringe dan brand yang berbeda. Dari mulai yang kecil 5 ml sampai ukuran yang lumayan besar misalnya 50 ml.
Teknologi yang dipakai saat ini sudah lumayan canggih, sehingga memungkinkan untuk menghubungkan antara syringe pump dengan HIS / Hospital Information System. Hal ini sangat membantu user dalam mengontrol, mengidentifikasi dan melakukan tindakan. Perawat tidak perlu lagi khawatir, karena akan ada informasi mengenai oemakain syringe pump langsung di ward/ meja keperawatan tanpa perlu melakukan pengecekan unit satu – persatu yang memakan waktu.

Oiya, sedikit informasi lagi bahwa layaknya alat kesehatan yang lainnya. Alat syringe pump juga harus dilakukan kalibrasi. Baik dari BPFK maupun badan kalibrasi lainnya. Untuk memastikan kalau alat yang digunakan masih layak untuk dipergunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *